banner web

 

MA Luncurkan SIPP Tingkat Bading Versi 3.2.0

on . Posted in Berita Badilag. Hits: 8

Mahkamah Agung RI (MA) secara resmin meluncurkan Sistem Informasi Penulusuran Perkara (SIPP) tingkat banding versi 3.2.0. Peluncuran aplikasi ini dilakukan langsung oleh Ketua MA Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Tmur, Senin (22/4).

Selain dihadiri para pimpinan MA, para Hakim Agung, para Hakim Ad Hoc dan para pejabat eselon I, II , acara ini juga dihadiri para ketua Pengadilan Tingkat banding pada empat lingkungan peradilan di indonesia. Hadir pula pimpinan pengadilan tingkat pertama di wilayah hukum Nusa tenggara timur dan beberapa tamu undangan.

Hatta Ali mengatakan, SIPP pengadilan tingkat banding versi 3.2.0 dikembangkan terintegrasi dengan SIPP pengadilan tingkat pertama dan direktori putusan MA, sehingga seluruh aplikasi perkara MA dan peradilan dibawahnya akan saling tersinkronisasi . SIPP Tingkat Banding juga merupakan aplikasi informasi perkara yang menjadi sarana transparasi dan akuntabilitsas penanganan perkara sekaligus sebagai sarana monitoring penyelesaian perkara dan kinerja aparatur peradilan.

"Masyarakat juga dapat mengakses SIPP pengadilan tingkat banding untuk mendapatkan informasi perkara secara cepat dan akurat sama halnya dengan SIPP pengadilan tingkat pertama," ujarnya.

Ia mengungkapkan, implementasi Sistem Informasi Administrasi Perkara (SIAP) di MA dan sistem informasi penulusuran perkara (SIPP) di pengadilan tingkat pertama telah terlebih dahulu dilaksanakan secara optimal. "Hal ini terbukti telah berhasil meningkatkan kinerja MA dan pengadilan tingkat pertama. Sementara pengadilan tingkat banding sebagai purposeMA justru malah tertinggal," ungkapnya.

Hatta Ali juga menyoroti kinerja pengadilan tingkat banding termasuk pengadilan pajak. Menurut data pada dua tahun terakhir, produktifitas penyelesaian perkara dan akseptabilitas putusan pengadilan tingkat banding, termasuk pengadilan pajak menurun. "Saya berharap dengan aplikasi ini, pengadilan tingkat banding dapat meningkatkan kinerjanya agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan," ujarnya.

Hatta Ali juga mengapresiasi tim teknologi informasi MA yang telah berhasil mengembangkan aplikasi ini sehingga dapat digunakan untuk menunjang pelaksanaan tugas teknis peradilan.

Sementara itu sekretaris MA Achmad Setyo Pudjoharsoyo, SH.,M.Hum, dalam laporannya mengatakan, Sistem informasi Penulusuran Perkara (SIPP) tingkat banding merupakan aplikasi yang berbasis web yang diperuntukkan untuk merekam adminstrasi dan penelusuran data perkara di pengadilan tingkat banding pada 4 lingkungan peradilan.

Pudjo mengungkapkan, pengembangan aplikasi ini sejak perancangan, ujicoba dan evaluasi dilaksanakan oleh SDM yang ada di lingkungan MA, baik yang ada di pusat maupun yang tersebar di berbagai satuan kerja di seluruh indonesia. Untuk pengembangan aplikasi ini, sejak proses asessment sampai ujicoba, dibiayai oleh MA. “Biaya pengembangan aplikasi ini terbilang murah dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh,” ujarnya.

Selengkapnya

Add comment